PENINGGALAN ZAMAN MEGALITIKUM DI LOWUNGU BEJEN TEMANGGUNG

Posted by Unknown 0 komentar


Temanggung memang memiliki banyak peninggalan bersejarah, terbukti dengan ditemukanya lagi sisa peradaban pada zaman meghalitikum tepatnya berada disebuah bukit di sebelah selatan Desa Lowungu Kecamatan Bejen Kabupaten Temanggung Jawa Tengah. Di tempat inilah berhasil ditemukan lagi bebatuan yang diperkirakan juga berasal dari zaman Megalitikum


Beberapa bulan yang lalu datang para peneliti dari jelompok peduli sejarah Temanggung dan para pecinta alam untuk mencoba mengindikasi batu tersebut berasal dari tahun berapa. Untuk penelitian lebih lanjut kami memang belum mendengar desas-desus akan dilakukan dalam waktu dekat ini. Tapi jika dilihat dari struktur dan modelnya batu tesebut memang berasal dari zaman meghalitikum.


Namun untuk mengetahui hal ini lebih dalam tentu saja masih perlu penelitian yang lebih mendalam dan harus dari para ahli di bidangnya bukan hanya oleh warga biasa.




Untuk mengetahui secara pasti dan lebih detail, memang diperlukan waktu yang panjang. Kepedulian pemerintah setempat sangat di harapkan untuk menindak lanjuti penemuan ini.


Karena jika memang benar batu yang berada di bukit tersebut adalah sisa peninggalan era Megalitikum hal tersebut bisa menambah potensi wisata di Daerah Temanggung, peninggalan sejarah yang perlu di lestarikan.


Dari dari hasil penelitian sementara, sudah banyak di temukan bukti prasejarah di Temanggung dan semoga saja dengan ditemukan berbagai macam peninggalan bersejarah di Temanggung bisa memperkaya aset prasejarah kota kita dan tentunya menambah warna, keberagaman budaya masa lampau atau mungkin juga situs ini pun bisa bersaing dengan situs Megalitikum Gunung Padang di Cianjur Jawa Barat. Terlalu tinggi memang, tapi jika kita merujuk kedalam, kita melihat kekayaan zaman prasejarah yang kita punya, bukan tidak mungkin Temangung akan menjadi destinasi kota wisata. Belum lagi seni budaya-nya yang menawan, kuliner dan pemandangan alam yang kita punya. Menurut saya tidak Kota lain yang memiliki potensi selengkap kota tercinta kita ini.


Untuk mewujudkan itu semua memang perlu adanya koordinasi antara pemerintah daerah, dari tingkat desa sampai kabupaten dengan pihak -pihak terkait, misalnya Dinas Pariwisata maupun Dinas Purbakala untuk meneliti keberadaan dan kebearan situs ini yang tentu saja akan sangat bermanfaat.




Terkadang memang kenyataan ini menjadi suatu hal yang sangat ironis jika adanya penemuan dugaan situs Megalitikum tersebut ,masyarakat disekitar malah jarang yang tahu atau bahkan belum tahu tentang adanya tempat tersebut.


Lokasi penemuan tersebut berjarak -+ 3 5km dari kota Temanggung menuju arah Sukorejo Kab. Kendal, jika kita kesana dengan berkendara mungkin sekitar 45 menit perjalanan anda sudah akan sampai pada tempat tersebut.




Sumber artikel : suara.com, Gravita Eka Purnama dan Teman Teman Peduli Harta Temanggung


Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: PENINGGALAN ZAMAN MEGALITIKUM DI LOWUNGU BEJEN TEMANGGUNG
Ditulis oleh Unknown
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke http://tani-temanggung.blogspot.com/2014/07/peninggalan-zaman-megalitikum-di.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.