MISTERI POHON WALITIS DI HUTAN RASAMALA - SELOPAMPANG TEMANGGUNG

Posted by Unknown 0 komentar

Pohon walitis di kawasan huitan Rasamala merupakan pohon terbesar di lereng Sumbing dan Sindoro. Hutan ini terletak di Desa Jetis, Kecamatan Selopampang, Tinggi pohon mencapai 30 meter, dengan lingkar batang 7,5 meter. Untuk memeluk batangnya saja diperlukan enam orang dewasa yang saling tautan sambil merentangkan kedua tangannya.
Menurut masyarakat sekitar, pohon ini berasal dari tongkat salah seorang pengikut wali, yaitu Ki Ageng Makukuhan yang ditancapkan di tanah. Kawasan Walitis memiliki pemandangan alam yang indah dan udara pegunungan yang segar dan alami.



Di Kawasan ini juga tumbuh rumpun tumbuhan bernama Rasamala. Karena itulah, kawasan tersebut dikenal sebagai hutan Rasamala. Keistimewaan tanaman dan hutan ini adalah tidak mempan oleh api.
Ketika terjadi kebakaran hutan di sebagian kawasan lereng Sumbing dan Sindoro beberapa waktu lalu, hutan Rasamala sama sekali tidak terjamah api.

Untuk menjangkau rumpun pepohonan Rasamala yang luasnya mencapai 1,5 hektar, para wisatawan harus mendaki melalui jalan setapak. Jarak pendakian ini sekitar 1,5 km dari pohon walitis

Anda juga bisa melihat keindahan kota Temanggung dan Magelang dari hutan pinus dibawah pohon walitis. Belum lagi anda akan disuguhi oleh panorama persawahan yang membentang luas seperti lukisan, dan angin yang bertiup sepoi-sepoi pun ikut memanjakan. hmm menarik bukan, ngomong-ngomong ini adalah tempat kesukaan saya untuk mendinginkan otak supaya terlepas dari hiruk pikuk pekerjaan dan tuntutan hidup. Anda penasaran..?
langsung cek TKP,,,

lihat juga Curug Lawe – Benang Halus dari Temanggung

Keranjang Tembakau Temanggung Harga Paling Murah

Artikel Terkait
TERIMA KASIH ATAS KUNJUNGAN SAUDARA
Judul: MISTERI POHON WALITIS DI HUTAN RASAMALA - SELOPAMPANG TEMANGGUNG
Ditulis oleh Unknown
Tolong di share ke teman-teman ya,, artikel rating 5 dari 5.
Semoga artikel ini bermanfaat bagi saudara. Jika ingin mengutip, baik itu sebagian atau keseluruhan dari isi artikel ini harap menyertakan link dofollow ke https://tani-temanggung.blogspot.com/2014/06/misteri-pohon-walitis-di-hutan-rasamala.html. Terima kasih sudah singgah dan membaca artikel ini.

0 komentar:

Post a Comment

Template by Cara Membuat Email | Copyright of DINAMIKA HIDUP.